Top Up E-Money Mudah, Perjalanan Mama jadi Lancar


Cashless, kata yang tak asing di era serba digital ini. Asal punya saldo di rekening tabungan, e-money ataupun e-wallet, kemana-mana tanpa dompet dan berbekal kartu ataupun ponsel, tak bingung lagi. Beli apa-apa juga mudah. Tak perlu ribet simpan uang kembalian.

Bagi kita kaum millenial, semua itu sudah biasa. Tapi Mama saya yang masih sedikit gaptek alias gagap teknologi, m-banking dan e-wallet bikin bengong dan resiko tinggi keblokir karena salah pin. Karena itulah, menurut saya orang tua itu paling aman memakai e-money dan tugas anak untuk top up e money.

Bagi Mama, fungsi e-money hanyalah dipakai sebagai alat pembayaran tol. Mungkin sebelumnya teman-teman sudah pernah membaca bagaimana kisah Mama yang sering pulang pergi Pasuruan - Sidoarjo, sendirian, via tol. Karena itulah tugas saya untuk rutin top up e-money agar perjalanan Mama lancar jaya. Pun agar Mama tak keluar banyak biaya demi bertemu anak cucunya di kota sebelah.

Pernah suatu hari Mama mendadak ke rumah saya di Sidoarjo, tanpa rencana. Biasanya memang Mama datang tiap weekend, tapi masalahnya itu jam kerja, weekdays. Ternyata Mama baru pulang dari Surabaya, berangkat bersama teman-temannya namun balik sendiri dan langsung ke rumah saya.

Nah saat berangkat dari Pasuruan ke Surabaya, Mama lupa kalau isi e-money sudah habis karena sebelumnya dipakai Mama jalan-jalan ke Malang bersama Shasa dan Abi, tanpa memberitahu saya. Mama baru sadar saat akan masuk ke tol. Akhirnya Mama putar balik, lewat bawah. Jarak tempuh jadi lebih panjang, sering kena macet dan akhirnya badan lebih terasa lelahnya.

Mama belum tahu kalau isi e-money, apalagi keluaran Bank Mandiri, bisa di minimarket. Sebab selama top up selalu saya lakukan tiap Mama bilang akan ke Sidoarjo, rumah saya. Oiya untuk maksimum isi ulang kartu e-money adalah sebesar 20 juta rupiah per bulan, dengan maksimal saldo yang tersimpan sebesar 1 juta rupiah. Tentunya tidak ada bunga, karena sifatnya sebagai tempat simpanan tapi bukan tabungan.

Teman-teman sudah tahu belum kalau kartu e-money Mandiri ini dapat dimiliki oleh siapa saja. Tidak harus nasabah Bank Mandiri. Jadi walau tak punya tabungan Bank Mandiri, tetap bisa memiliki e-money. Dan kartu e-money juga dapat dipindahtangankan sepanjang fisik kartunya berpindah. Makanya harus hati-hati dalam penyimpanannya, jangan sampai diambil orang asing, terlebih saat banyak saldo di dalamnya.

Tentunya saldo uang yang tersimpan pada kartu e-money dijamin aman. Tidak memerlukan tanda tangan atau PIN saat melakukan transaksi. Saat digunakan sebagai pembayaran tol misalnya, tinggal tempelkan ke alat pembaca, lalu tampak berapa pemotongan untuk bayar tol dan saldo akhirnya.

Selain untuk bayar tol, ada banyak manfaat lain dari e-money yang tidak diketahui Mama. Bisa untuk bayar parkir dan TPE (Terminal Parkir EElektronik, kereta (Commuterline, Railink Kualanamu), Bayar bus (Transjakarta, Transjogja, Batik Solo Trans), bayar di SPBU Pertamina berlogo e-money, bayar belanjaan di toko retail (Indomaret, Alfa Group), pun bayar wahana hiburan dan restoran berlogo e-money.

Kalian sudah punya e-money juga belum? Biasanya untuk bayar apa dan isinya dimana? Kalau saya kan lebih suka isi secara online.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

25 Response to "Top Up E-Money Mudah, Perjalanan Mama jadi Lancar"

  1. Khoirur Rohmah says:
    21 Juli 2019 23.07

    Humh aku nggak punya e-money mbak
    Kalau di Mandiri walau gak punya rekeningnya, boleh dehh bikin e-money dr Mandiri ini heee
    TFS yah mbak

  2. nurul rahma says:
    22 Juli 2019 00.03

    Gampil ya bisa top up e money dgn banyak cara
    Yuk, kapan main2 ke Surabaya lagiii? :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

  3. Cindy Vania says:
    22 Juli 2019 17.04

    Ealah aku baru tahu bisa top up e money di blibli 😅 enak banget dong yaaa bisa beli pas di gerbang tol. Asal punya mbanking 😳

    Makin gampil ajaa

  4. Ruli retno says:
    23 Juli 2019 00.57

    Dari dulu tertarik sih punya emoney, cuma kalo di kalimantan gak kepake. Gak ada tol, gak ada bis trans,jadi ya cuma bisa nyimak

  5. Ety Handayaningsih says:
    23 Juli 2019 01.00

    Udah punya sih mba, karena praktis dan sekarang banyak transaksi bisa pake emoney. Urusan kek beli tiket, makanan, pulsa dll jadi cepat.

  6. Dian Restu Agustina says:
    23 Juli 2019 06.02

    Punya 2 mbak..masing-masing saya dan suami punya e-money. Ngisi saldo di ATM dan biasa dipakai untuk bayar tol, parkir, naik TransJakarta dan kadang buat belanja di minimarket juga.
    Praktis dan ekonomis

  7. Ima Satrianto | www.tamasyaku.com says:
    23 Juli 2019 18.37

    Nah ini dia, zamannya udah dimana-mana e-money. Memang top up mudah sangat diperlukan saat kita di perjalanan ya mba.

  8. Dewi Rieka says:
    23 Juli 2019 18.37

    Iya dulu imagenya buat tol aja ya sekarang makin banyak yang bisa dibayar dengan e-money ya..jadi lebih terpakai dan memang aman

  9. Uniek Kaswarganti says:
    23 Juli 2019 19.16

    Suamiku sih yang punya emoney karena sering bepergian dan butuh untuk tap tap di tol. Kalau aku sih ya cukup ditinggalin uang belanjaan ajah sama dia hehehee...

  10. Bibi Titi Teliti says:
    23 Juli 2019 19.38

    Wah, ternyata e-money mandiri bebas gitu yah, gak harus punya rekening Mandiri. Urusan top up biasanya sih suami yang ngurusin, aku taunya cuma pake doang ehehehe

  11. Indah Nuria Savitri says:
    23 Juli 2019 21.44

    Aku juga sering banget pakai emoney mba.. asli enaaak dan praktis banget karena diterima di banyak tempat

  12. Liza-fathia.com says:
    24 Juli 2019 04.55

    Aku belum punya e money soalnya di kampungku belum ada yang menyediakan fasilitas menggunakan emoney. Selama ini cuma ngandalin ATM aja

  13. Eri Udiyawati says:
    24 Juli 2019 05.16

    Saya sudah punya, tapi bukan dari Mandiri. Saya kira yang E-Money Mandiri harus punya rekening Mandiri juga, ternyata tidak toh..

    E-money dijaman sekarang itu memang penting, biar transaksi makin mudah, ya..

  14. Sapti nurul hidayati says:
    24 Juli 2019 05.20

    Pertama dapat e money dari hadiah mb... Tadinya bingung bisa dipakai di mana saja.. Ternyata di supermarket bisa yaa... Saya lbh suka membelanjakan untuk kebutuhan bulanan...

  15. Hikmah Khaerunnisa says:
    24 Juli 2019 05.43

    Udah jaman digital emang yaa.. skrng e-money lg hits dan memang memudahkan yaa drpd bw2 cash

  16. Liswanti Pertiwi (PenaLiswanti) says:
    24 Juli 2019 08.00

    Aku ada beberapa e-money, jadi harus rajin isi juga nih.

  17. Nia K. Haryanto says:
    24 Juli 2019 08.11

    Hari gini memang lebih praktis cashless. Aku cuma di rumah dan pasar tradisional aja yg pake cash. Selebihnya selalu cashless. Gak ribeeeet.

  18. Ririe Khayan says:
    24 Juli 2019 08.14

    Emoney yg dimiliki mas suami hanya di top up klau hendak keluar kota/ lewat tol. Saya sendiri punya 1, beli krn pas di jakarta naik busway bayarnya non tunai.

  19. Rahmah 'Suka Nulis' Chemist says:
    24 Juli 2019 08.54

    Aku sudah lupa kapan terakhir top up
    Soalnya aku jarang pakai
    Ntar kalau punya mobil mungkin bakal rajin

  20. lendyagasshi says:
    24 Juli 2019 09.03

    EMoney selalu ada di dashboard mobil.
    Karena suamiku kerjaannya keluar kota.
    Dan sudah terbiasa top up menggunakan mobile banking.

    Mudah dan praktis.

  21. Herva Yulyanti says:
    24 Juli 2019 19.29

    aku juga tahunya buat tol doang mba wkwkwk...dan buat top upny biasanya juga ke minimarket terdekat mba :)

  22. Helenamantra says:
    26 Juli 2019 16.35

    paling enak kalau ada teknologi NFC di hp supaya mudah untuk top up e-money. Selama ini ku pakai e-money buat bayar bus dan kereta.

  23. Noni Rosliyani says:
    27 Juli 2019 01.18

    Wow aku baru tahu kalo E-money bisa dimiliki oleh nasabah bukan Mandiri. Wah, menarik banget ini. Kalo isi ulangnya bisa elektronik juga nggak? Maksudnya tanpa ke minimarket tertentu dan bisa pakai internet banking bank lain.

  24. Unknown says:
    28 Juli 2019 15.52

    Aku beberapa kali transaksi pakai e-money, lebih praktis sih. Apalagi kalau nominal transaksi melibatkan uang receh, duh ribet. Langsung deh keluarin e-money :)

  25. Barracuda Essen says:
    15 Agustus 2019 23.40

    Thanks for sharing, semoga sukses terus..
    Kunjungi juga http://bit.ly/2HdEK6A

Posting Komentar

Silakan berkomentar. Mohon follow @cerita.ibun juga ya ^^ Terima kasih :3