Taman Ria Suropati: Tidak Hanya Berenang, Tapi Juga Edukasi Mengenal Flora, Fauna dan Mencintai Alam Sekitar



Siapa sih yang tak suka bermain air?

Dulu semasa BabyZril masih usia di bawah 1 tahun, kami telah mengenalkannya main air dengan cara berendam dan memakai pelampung di leher. Ala-ala baby spa, padahal renang dan berendam di bak air kamar mandi.  Hihi, maaf ya Zril. Saat itu kami selaku orang tua masih belum berani mengenalkan Zril pada kolam renang umum. Jadi yaa seadanya, di dalam rumah saja dengan pengawasan penuh. Aman.

Kolam renang umum terkadang kesannya jorok. Apalagi yang banyak diisi anak-anak. Kandungan urine dalam kolamnya itu loh… Terkadang pula air kolam renang ialah yang berkaporit tinggi. Sebagai orang tua tentu was-was akan kesehatan si kecil dong. Apalagi anak belum setahun. Keamanan juga hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pemilihan kolam renang umum.

Bersyukur saat pulang ke Pasuruan, kami menemukan kolam renang yang termasuk bersih nan aman. Namanya Taman Ria Suropati. Letaknya di desa Ranggeh, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan. Mudah sekali akses menuju ke sini. Petunjuk jalannya jelas, ada banner besar di tepi jalan utama. Tinggal masuk ke gang besar sekitar 500 meter, kompleks pemandian ini ada di sebelah kiri jalan.

Tidak perlu khawatir parkir penuh karena di sini area parkirnya luas sekali. Tak jarang ada beberapa bus wisata yang mengisinya, oleh karena tersohornya pemandian buatan ini sampai ke luar kota. Apalagi karena lokasi tidak jauh dari pusat kota, hanya sekitar 15 menit, maka mereka yang usai ziarah ke makam Kyai Hamid di depan alun-alun Kota Pasuruan, kebanyakan akan mampir ke sini pula. Sungguh tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Dengan tiket Rp 15.000,- maka Teman-teman bisa mendapat banyak kesenangan di Taman Ria Suropati ini. Selain bisa menikmati kolam renang untuk anak-anak dan dewasa, bisa juga memancing, kuliner ikan, bermain becak air, wisata keliling taman ria dengan kereta kelinci, wisata petik buah, menikmati aneka kuliner di area food court, mengenalkan bermacam hewan pada si kecil serta sekedar bersantai melepas penat di gazebo bergaya arsitektur Jawa bawah pohon yang rindang.

taman-ria-suropati

Area wisata ini memang mengedepankan unsur air dalam pengolahan dan penataan kawasannya. Taman luas di belakang kolam renangnya memiliki parit yang bersih sebagai sirkulasi air. Terhubung pula pada kolam-kolam tempat berenang aneka ikan, unggas, buaya dan juga sebagai tempat minum berbagai macam burung yang berada di kawasan ini. Jadi jangan tanyakan lagi betapa asrinya bila berkumpul bersama keluarga di Taman Ria Suropati. Boleh membawa makanan dari luar, dan akan nikmat sekali bila disantap bersama-sama keluarga besar di dalam gazebo di bawah poho rindang yang banyak terdapat di sekeliling kolam renangnya.

Untuk kolam renangnya sendiri, memanfaatkan sumber air artesis sehingga tingkat kebersihan dan kesegarannya terjamin. Sungguh berbeda dengan wisata air lainnya. Air di kolam renang tanpa kaporit karena artesis dari kedalaman 220 meter. Selain itu juga mengandung mineral.


Ada beberapa macam kolam di Taman Ria Suropati. Kolam untuk dewasa yang memiliki seluncur dan prosotan, ada di bagian depan. Di sampingnya ada banyak pilihan untuk kolam anak-anak, kedalamannya tak sampai 1 meter. Bermacam permainan air juga ada banyak. Jadi tidak perlu khawatir anak akan bosan main air. BabyZril yang saat itu masih umur setahun, saya ajak berendam di kolam yang hanya sedalam 30 cm. Seru… Ia tertawa-tawa melihat patung kodok yang mulutnya mengucurkan air.

Bagi yang tidak bisa berenang, ada penyewaan ban. Harganya Rp 10.000,-. Nanti diberi tiket yang setelah selesai bisa dikembalikan lagi. Bila pengembalian ban disertai dengan tiket tersebut, maka akan diberi kembalian Rp 5.000,-. Murah sekali bukan? Bisa pilih ban besar yang bisa dipakai 2 orang atau ban donat untuk 1 orang. Loket penyewaan ban lokasinya ada di depan stand kereta kelinci.

taman-ria-suropati

Toilet di tempat ini juga ada banyak dan termasuk terjaga kebersihannya. Ada shower untuk bilas badan di dalamnya. Tersedia pula toilet dan tidak berbayar. Selain itu juga ada mushola yang bersih dan nyaman untuk dipakai beribadah. Bagi perempuan, tersedia banyak mukena sehingga tidak perlu repot membawa dari rumah.


taman-ria-suropati


taman-ria-suropati

Setelah puas berenang, ada baiknya berkeliling Taman Ria Suropati menggunakan kereta kelinci. Tiketnya hanya Rp 5.000,- per orang untuk 2 putaran areal yang luas ini. Nanti akan melewati taman-taman yang banyak berisi beragam satwa mulai dari ular, buaya, burung-burung, merah, beruang, kera dan masih banyak lagi. Di taman itu pun terdapat beragam flora mulai dari tanaman hias hingga tanaman berbuah yang bila berbuah bisa diikutkan wisata petik buah.


Kalau perut lapar dan tidak bawa bekal dari rumah, ada banyak pilihan makanan yang dijual di food court. Tersedia mulai dari makanan berat seperti pecel, rawon, soto, hingga bakso. Pun jajanan seperti cimol, pisang keju, hot dog, burger, es cendol, aneka jus, dan masih banyak lagi. Area ini ditata begitu instagramable, jadi selain makan juga bisa jeprat-jepret.

taman-ria-suropati

Di belakang food court ada area untuk memancing. Di situ juga ada becak air berbentuk bebek dan perahu naga. Kalau mau mengayuh memutari kolam pancing, silakan masuk ke sini ya. Selagi Ayah memancing, Ibun dan si kecil bisa naik becak air. Wah asyik ya!


Sungguh komplit berwisata di Taman Ria Suropati. Konsepnya tidak hanya wisata air, tapi juga edukasi mengenal aneka flora dan fauna. Si kecil bisa diajari bagaimana cara merawat lingkungan dengan tidak membuang sampah, tidak memetik bunga dan tanaman sembarangan serta tidak menyakiti hewan liar. Kebersamaan dan keakraban keluarga pun terjalin dengan berkumpul dan menikmati indahnya alam di Taman Ria Suropati Pasuruan.




Saya tunggu kedatangan Teman-teman di tanah kelahiran saya, ya…
Tunggu juga update video Taman Ria Suropati di Youtube channel saya.
Ciaoooo!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

34 Response to "Taman Ria Suropati: Tidak Hanya Berenang, Tapi Juga Edukasi Mengenal Flora, Fauna dan Mencintai Alam Sekitar"

  1. Lina Sophy says:
    3 Maret 2019 17.21

    Ini cocok banget untuk wisata edukasi ya Bun, ada kolam renang yang pasti bikin anak happy. Sekaligus bisa buat arena belajar ngenalin jenis flora fauna juga ��

  2. Travel Blog Evi Indrawanto says:
    3 Maret 2019 18.03

    Menarik banget kolam renang yang ada tamannya seperti ini mbak. Sambil berenang mendengarkan kicau burung burung. apalagi sumber airnya artis yang alami jadi tidak usah takut kulit kita akan kering karena kaporit. Benar-benar sebuah tempat wisata keluarga yang menarik.

  3. Khoirur Rohmah says:
    3 Maret 2019 18.04

    Wihh lengkap banget wisatanya mbak,,,
    bisa ini buat refrensi jalan-jalan bareng teman kerja
    Seger pasti itu air kolamnya mbak, anak pun juga betah abis maen air trus jalan ke tempat edukasi lainnya,
    Mantap dehh ini Taman Ria Suropati-nya
    TFS Mba ^_^

  4. Kanianingsih says:
    3 Maret 2019 19.00

    15 ribu udah bisa menikmati banyak permainan ya..termasuk murah sih..anak-anak pasti seneng diajak kesini..tapi jauh nh harus ke Pasuruan..:)

  5. ophi ziadah says:
    3 Maret 2019 19.02

    waah lengkap yaa, one stop facility yaa...
    habis puas renang dan main air bisa jalan2 liat flora dan fauna
    atau sebaliknya main sm hewan2 dulu baru mandi2....

  6. Yoanna Fayza says:
    3 Maret 2019 20.40

    Hihii saya dulu juga nyemplungin anak ke bak mandi mbaa, pakai pelampung leher. Nggak berani bawa ke kolam umum tapi ngga kuat bayar baby spa :))
    Sumber air artesis itu gimana ya mba? langsung dari mata air alami di sekitar pemandian ya?

  7. Lina W. Sasmita says:
    3 Maret 2019 20.58

    Wah kolam renangnya indoor ya. Lebih safety. Jadi kalaupun hujan anak-anak nggak terlalu khawatir kehujanan.

  8. Nanik Nara says:
    3 Maret 2019 22.31

    wah lengkap sekali fasilitasnya, habis renang terus keliling lihat-lihat taman. Habis keliling kepanasan, ada alasan buat nyebur ke kolam renang lagi. Murah ya biaya masuknya.

    Yang paling saya suka boleh bawa makanan dari luar. Jarang lho ada area wisata yang mengijinkan pengunjungnya bawa makanan dari luar

  9. Eryvia Maronie says:
    4 Maret 2019 02.22

    Asyik banget berwisata sambil beraktivitas kayak gini. Anak pasti jadi betah, gak pengen pulang yaa

  10. Dewi Rieka says:
    4 Maret 2019 14.49

    Seru banget sih tempat wisatanya, serba komplet ya..anak-anak kalau ada😝 kolam renang betah deh dijamin..

  11. Uniek Kaswarganti says:
    4 Maret 2019 16.11

    Wah, komplit ya fasilitas Taman Ria Suropati. Bisa berenang, main becak air, lihat-lihat aneka satwa dan jajan. Seneng nih tentunya Zril diajak jalan2 ke sini yaaa...

  12. Elisabeth Murni says:
    4 Maret 2019 17.20

    Kolam renangnya asyik ya, indoor gitu jadi bisa berenang kapan pun tanpa takut kulit gosong. Bocah renang lama pun jadi nggak terlalu was-was. Ini mah kalau dekat rumah saya bakalan sering main.

  13. Hikmah Khaerunnisa says:
    4 Maret 2019 18.20

    Wahh seru ya mba.. emang anak2 seneng banget sama yang namanya air.. wihh gak mau berhentii main.. apalagi tempatnya asik begituu

  14. indah nuria says:
    4 Maret 2019 18.28

    tempatnya memang seru bangeeet ya mba..for sure semua bisa menikmati dan belajar banyak jugaaa tentang alam

  15. Ayu Fitri Septina says:
    4 Maret 2019 23.02

    Seru deeehhh, kudu ke sini deh kapan2, hihi. Makasih ulasannya ya, Mbak :)

  16. Novya Ekawati says:
    5 Maret 2019 00.32

    seger sekali pastinya ya mbak, bermain air...hobinya anak-anak, kalo udah nyemplung susah disuruh naik hehehe

  17. iidYanie says:
    5 Maret 2019 03.10

    Wah kolam renangnya tertutup ya, enak juga nih klo lagi hujan gak kebasahan, trus tempat bermainnya lengkap lagi, kerenlah ini :)

  18. Diary Novri says:
    5 Maret 2019 14.10

    Wah, lengkap banget fasilitasnya mbak.. Masuk di wishlist tempat wisata yg ingin dikunjungi sama keluarga niih.. Gak terlalu jauh juga kalau dari Sidoarjo ke Pasuruan, mudahan bs nyampai ke sana

  19. Helenamantra says:
    5 Maret 2019 15.10

    Seru banget sik, dari mancing, naik kereta, main air, wah bisa berapa jam keliling di Taman Ria Suropati?

  20. Emak Riweuh says:
    5 Maret 2019 15.15

    yang tempat main air buat anak2 itu desainnya sekilas mirip sama yg ada di kolam renang langganan keluargaku, lho mba :D

  21. Nyi Penengah Dewanti says:
    5 Maret 2019 16.53

    Pengen aku main ke Pasuruan ehheeh apik-apik ya destinasi wisatanya
    ya ampun keponakanku udah gede gitu Tha. Nggak nyangka hahahah gemes semoga aku lekas nyusulin

  22. Rach Alida Bahaweres says:
    5 Maret 2019 16.57

    Anak anak kalau diajak main ke sini pasti suka banget, mba. Kliatan lebih bersih dan harga tiket masuknya juga terjangkau

  23. Rachmanita AdindaRara says:
    5 Maret 2019 17.53

    Belom pernah ke taman ria suropati ini bagus banget ya pemandangan ya.. Ajak anak2 seru pastinya

  24. Sandra Nova says:
    5 Maret 2019 22.21

    Aku jarang banget liat kolam renang indoor gini, enak banget kalau indoor jadi ngga terlalu dingin kena angin :D seru ya ada kolam renang plus plus, jadi abis renang bisa jalan2 dan bermain

  25. Rini Rahmawati says:
    5 Maret 2019 23.20

    Woww, keren banget mbak tempat wisatanya, lengkap banget

    Pasti puas deh kalo menghabiskan liburan disini

    Simpen dulu nih, siapa tau nanti bisa berkunjung kesana

  26. Lidya Fitrian says:
    6 Maret 2019 01.56

    Sumber air artesis itu maksudnya apa ya mbak?
    Enak juga ya lokasi kolam renangnya ga terlalu penuh kaya cendol

  27. Nanik K says:
    6 Maret 2019 02.45

    Komplit banget ya mbak, jadi oingin ke sana.
    Btw Gondang Wetan itu mananya Pasuruan Kota, ya mbak?

  28. Leyla Hana says:
    6 Maret 2019 04.26

    Tempatnya bersih ya dan kayaknya gak begitu rame, jadi enak mainnya deh. Kalau yang di Garut, rame banget dan banyak sampah.

  29. Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) says:
    6 Maret 2019 05.28

    Enak banget ini area bermainnya indoor jadi mamak gak perlu takut kalau anak main kepanasan. Seru ya bisa main bersama dan memperkenalkan anak dengan flora dan fauna

  30. Hastin says:
    6 Maret 2019 06.04

    Saya pernah dengar nama objek wisata ini. Mirip kebun binatang ya klo dari foto2nya.
    Makanannya entah kenapa bikin galfok, rawon, pecel, dll. Aduhhh laparrr..

  31. miyosi ariefiansyah (bunda taka) says:
    6 Maret 2019 06.17

    Seru y mba
    Tiketny pun terjangkau
    Fasilitas okaii

  32. Siska Dwyta says:
    6 Maret 2019 07.03

    Baca ini jadi pengen juga nyemplungin baby saya ke bak mandi *ala-ala baby spa* gitu, soalnya belum berani juga bawa dia ke kolam renang.

    Btw tempat wisatanya boleh juga nih, mana harga masuknya juga terjangkau dengan fasilitas yang oke. Keren dah.

  33. Kholifah Hariyani says:
    10 Maret 2019 14.04

    Lengkap banget dengan harga tiket yang terjangkau. Dilewatin nggak ya kalau saya dari Malang menuju Probolinggo, pingin nih ngajak anak-anak mampir.

  34. Dian Ekawati Suryaman says:
    11 Maret 2019 01.43

    wahh boleh nih disamperin kalo pas ke Pasuruan...anak2 pasti betah main di tempat kayak ginian..yang nemenin juga asik2 aja klo kayak gini hehe

Posting Komentar

Silakan berkomentar. Mohon follow @cerita.ibun juga ya ^^ Terima kasih :3